Home » » Ayam Goreng

Ayam Goreng

Ayam goreng. Siapa sih yang tak suka makanan yang satu ini? Kalau kita masuk ke restora-restoran terkenal kita dapati masakan lezat ini. Dari anak-anak sampai orang tua pasti senang dengan masakan yang satu ini. Daging ayam yang lembut dengan bumbu yang pas terasa sangat gurih dan mengunggah selera. Pasti kita bertanya-tanya kok kalau masakan di restoran-restoran kok bisa empuk dan gurih, tapi kalau kita masak sendiri kok tidak bisa seenak itu. Ternyata ada rahasia di balik itu. Rahasia sederhana yang layak kita coba.

Ayam goreng bisa gurih dan empuk dagingnya ternyata ada sedikit rahasia. Rahasianya ternyata terletak pada air yang digunakan untuk merendam dan bagaimana kita menggorengnya. Ternyata rahasianya adalah dengan cara mengungkep (merebus) ayam dengan air kelapa dan bumbu-bumbu atau rempah-rempah akan membuat ayam goreng punya rasa yang sangat istimewa. Cara menggoreng pun ternyata menjadi factor penyebab gorengan kita menjadi enak. Teknik menggoreng yang benar adalah dengan teknik deep frying yaitu menggoreng dengan minyak banyak sehingga ayam terendam semua di dalam minyak panas, makan ayam akan matang merata, renyah dan juga berwarna kuning kecokelatan.

Berikut resep ayam goreng gurih sebagai alternative lauk untuk di rumah. Pasti anak-anak dan suami akan menyukainya.

Berikut ini bahan-bahan yang harus anda siapkan
1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
setengah liter air kelapa
1 sdm ketumbar, blender agar halus
3 cm lengkuas atau laos, blender agar halus
2 cm jahe, blender agar halus
1 sdt garam halus
2 cm kunyit, blender agar halus
4 siung bawang putih, ulek sampai halus
minyak untuk menggoreng

Setelah semua bahan dan bumbu-bumbu siap, berikut step by step cara memasaknya :
  1. Pertama kali larutkan semua bumbu, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, bawang putih dan juga garam dalam air kelapa, aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan irisan daging ayam ke dalam larutan bumbu-bumbu tadi, simpan dalam lemari es kurang lebih 2 jam agar bumbu benar-benar meresap.
  2. Setelah 2 jam ambil dari lemari es dan rebus atau didihkan potong-potongan ayam tadi beserta air kelapa berbumbu dalam api kecil sedang, agar daging empuk. Setelah kurang lebih setengah jam maka daging akan empuk.
  3. Tuang minyak goreng yang agak banyak supaya dapat menenggelamkan potongan-potongan ayam tadi. Ingat kita harus menggorengnya dengan teknik deep friying atau dengan minyak yang banyak. Setelah minyak mendidih oreng ayam hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Sajikan hangat-hangat dengan sambal terasi atau sambal tomat dan lalapan berupa mentimun atau irisan kubis.
Tip: Jika Anda menghendaki ayam empuk hingga ketulang-tulangnya. Rebus ayam dengan air kelapa berbumbu dalam panci presto selama 20 menit.